Teman

KHAZIMMAZILTUTHOLIBAN@GMAIL.COM. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » MULTIMEDIA DALAM DUNIA BISNIS

MULTIMEDIA DALAM DUNIA BISNIS

Untitled Document

PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS

A.  Pendahuluan

TV telivisi membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk dapat menjakau layanan yang
maju,  dan  internet  mebutuhkan  waktu  7  tahun  untuk  dapat  diterima  masyarakat.
Perkembangan  Multimedia  tenyata  mengikuti  perkembangan  Internet,  maka  multimedia
merupakan pasar yang perkembangannya sangat-sangat cepat saat  ini. Lebih dari 500  juta
orang  bekerja  dalam  bidang  pengetahuan,  pendidikan,  pemerintahan  dan  bisnis  yang
menggunakan  internet untuk bertukar  informasi atau menjalankan  transaksi bisnis dengan
seluruh organisasi di seluruh dunia. 
 
Pertumbuhan  internet  ini  dipicu  oleh  kemajuan  di  bidang  teknologi  informasi  dan
perang harga yang secara dramatis telah menurunkan biaya komputer multimedia. Jumlah
konsumen  yang  terus meningkat  telah menciptakan  pasar  yang  lebih  besar  bagi  aplikasi
multimedia  dan  berbagai  tool  baru  telah  memungkinkan  lebih  banyak  orang  menjadi
pengembang  multimedia. 
Layanan multimedia online sedang mengalami booming, selain  itu penggunaan multimedia
di bergbagai bidang  semakin meningkat. Dataquest  interactive menyediakan data  statistik
tentang  perkembangan  teknologi  informasi, meliputi  berbagai macam  trend multimedia,
jaringan, konferensi video jarak jauh, dan berbagai produk dan layanan personal komputer.
Oleh  sebab  itu  sudah  saatnya  anda  para  pelaku  bisnis  untuk memanfaatkan multimedia
sebagai alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing bisnis anda.
Perkembangan Multimedia Munculnya  jenis-jenis media baru Perkembangan dalam
medium komunikasi massa itu sendiri. Perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi
dan  komunikasi,  serta  terjadinya  konvergensiteknologi,  menyebabkan  lahirnya  berbagai
jenis  media  baru.  Sebagai  contoh,  telepon  seluler  atau  HP  (hand  phone)  pada  awalnya
hanyalah alat  komunikasi pengganti  telepon,  yang memiliki  keunggulan dari  segi mobilitas
(praktis  dan  mudah  dibawa  kemana-mana).  HP  jenis  terbaru  memiliki  fungsi  yang
beranekaragam.  Mulai  dari  kalkulator,  notepad  (untuk  membuat  tulisan),  membuat
presentasi,  melakukan  transaksi  perbankan,  menggantikan  peran  komputer  biasa  untuk
menjelajah internet, mengirim dan menerima e-mail, menerima dan mengirim berita, 

 
bahkan menerima siaran televisi. Sampai kuartal ketiga tahun 2006, diseluruh dunia
sudah  terdapat  100  juta  pengguna  HP  (3G),  dan  264  juta  sambungan  saluran  pita  lebar
(fixed  broadband  line).  Diperkirakan,  saluran  tetap  ini  akan  mencapai  500  juta  dalam
beberapa tahun. Tercatat sudah lebihdari 120 operator ponsel seluruh dunia yang meluncur
kanlayanan TV bergerak, dimana lebih dari 90 persen mempergunakan jaringan seluler dua
arah yang ada. Dari jaringan seluler ini ada  lebih dari 2,5 miliar pengguna dengan teknologi
unicast dan broadcast MBMS (multimedia broadcast multicast service).


B.  Pengertian


Pengertian  Multimedia  Multimedia  adalah  penggunaan  komputer  untuk  menyajikan  dan
menggabungkan  teks,  suara,  gambar,  animasidan  video  dengan  alat  bantu  ([tool])  dan  koneksi
([link])  sehingga  pengguna  dapat  ber-([navigasi]),  berinteraksi,  berkarya  dan  berkomunikasi.  Pada
awalnya multimedia hanyamencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gamba diam,
teks,  gambar  gerak  video,  dan  gambar  gerakrekaan/animasi),  dan  konsumsi  indra  pendengaran
(suara).  Dalamper  kembangannya  multimedia  mencakup  juga  kinetik  (gerak)  dan  bau  yang
merupakan  konsupsi  indra  penciuman.  Multimedia  mulai  memasukkan  unsur  kinetik  sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat
duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sensrialistis.
 
Jenis-Jenis Multimedia:
1.  TV
2.  Radio
3.  Film
4.  Cetak
5.  Musik
6.  Game
7.  Entertaiment
8.  Tutorial
9.  ICT (Internet)


 
C.  Perkembangan Multimedia


Perkembangan  MultimediaMedia  yang  Semakin  Bersifat  Interaktif  Berkat  perkembangan
teknologi  Internet,  media  lama  seperti  televisi  juga  bisa  berubah  sifat  atau  karakternya.  Jika
sebelumnya penonton  televisi hanya dapat bersikap pasif, dalam arti hanya bisa  "pasrah" memilih
dari  sekian  channel  yang  tersedia,  kini mereka bisa bersikap  jauh  lebih  aktif.  Secara  teknologi  kini
sudah  dimungkinkan  munculnya  IPTV  (Internet  protocol  televisions)  atau  televisi  Internet,  yang
teknologinya  sudah  dipamerkan  di  International  Telecom Union World  di Hong  Kong,  akhir  tahun
2006. IPTV bisa berwujud siaran televisi biasa atau bank acara dan film yang dapat diakses penonton,
mirippay  TV di hotel-hotel berbintang.  IPTV memiliki banyak  keunggulan  ketimbang  televisi  siaran
konvensional, karena sipenonton bisa sesukahati memutar ulangs iaran yang terlewatkan. Selain itu,
IP  TV  juga  bisa  membuat  siaran  menjadi  interaktif.  Kendali  IPTV  pun  ada  ditangan  penonton.
Komentar  terhadap  sebuah  siaran  bisa  langsung  dikirim  kestasiun  televisi  bersangkutan.  Bahkan
sipenonton  bisa  berbagi  komentar  dengan  para  penonton  lain,  karena  setiap  IPTV memiliki  nama
(account) tersendiri. Sambil menonton siaran, mereka bisa saling berkomentar melalui pesan pendek
yang muncul  dilayar  televisi.  IPTV  bisa  lebih  personal,  interaktif, HDTV  (high  definition  television,
atau memiliki ketajaman gambar yang sangat tinggi), dan mengintegrasikan layanan komunikasi dan
video. Selain membuka peluang distribusi dua arah dan multiple-stream, IPTV menjadi awal layanan
triple play, atau satu saluran untuk tiga macam layanan (telepon suara, hiburan/TV, dan internet).


D.  Kesimpulan

    1. Dengan  semakin  banyaknya  pengguna  internet  maka  akan  semakin  banyak  pula
    2. bisnis-bisnis baru yang ikut dalam kancah teknologi informasi.
    3. Beberapa contoh bisnis yang berkembang:
    4. Pusat-pusat  penjualan  yang  berbasisi  multimedia  semakin  banyak  dan  menjamur
    5. disetiap kota
    6. Bertambahnya Provioder Internet
    7. Bertambahnya jasa perbaikan hardware dan software
    8. Meningkatnya  cabang-cabang  jasa  pengiriman  barang  (dampak  penjualan  barang
    9. Online)
    10. Dan masih banyak lagi

By : khazimmaziltutholiban@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar