MULTIMEDIA DALAM DUNIA BISNIS
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
A. Pendahuluan
TV telivisi membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk dapat menjakau layanan yang
maju, dan internet mebutuhkan waktu 7 tahun untuk dapat diterima masyarakat.
Perkembangan Multimedia tenyata mengikuti perkembangan Internet, maka multimedia
merupakan pasar yang perkembangannya sangat-sangat cepat saat ini. Lebih dari 500 juta
orang bekerja dalam bidang pengetahuan, pendidikan, pemerintahan dan bisnis yang
menggunakan internet untuk bertukar informasi atau menjalankan transaksi bisnis dengan
seluruh organisasi di seluruh dunia.
Pertumbuhan internet ini dipicu oleh kemajuan di bidang teknologi informasi dan
perang harga yang secara dramatis telah menurunkan biaya komputer multimedia. Jumlah
konsumen yang terus meningkat telah menciptakan pasar yang lebih besar bagi aplikasi
multimedia dan berbagai tool baru telah memungkinkan lebih banyak orang menjadi
pengembang multimedia.
Layanan multimedia online sedang mengalami booming, selain itu penggunaan multimedia
di bergbagai bidang semakin meningkat. Dataquest interactive menyediakan data statistik
tentang perkembangan teknologi informasi, meliputi berbagai macam trend multimedia,
jaringan, konferensi video jarak jauh, dan berbagai produk dan layanan personal komputer.
Oleh sebab itu sudah saatnya anda para pelaku bisnis untuk memanfaatkan multimedia
sebagai alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing bisnis anda.
Perkembangan Multimedia Munculnya jenis-jenis media baru Perkembangan dalam
medium komunikasi massa itu sendiri. Perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi
dan komunikasi, serta terjadinya konvergensiteknologi, menyebabkan lahirnya berbagai
jenis media baru. Sebagai contoh, telepon seluler atau HP (hand phone) pada awalnya
hanyalah alat komunikasi pengganti telepon, yang memiliki keunggulan dari segi mobilitas
(praktis dan mudah dibawa kemana-mana). HP jenis terbaru memiliki fungsi yang
beranekaragam. Mulai dari kalkulator, notepad (untuk membuat tulisan), membuat
presentasi, melakukan transaksi perbankan, menggantikan peran komputer biasa untuk
menjelajah internet, mengirim dan menerima e-mail, menerima dan mengirim berita,
bahkan menerima siaran televisi. Sampai kuartal ketiga tahun 2006, diseluruh dunia
sudah terdapat 100 juta pengguna HP (3G), dan 264 juta sambungan saluran pita lebar
(fixed broadband line). Diperkirakan, saluran tetap ini akan mencapai 500 juta dalam
beberapa tahun. Tercatat sudah lebihdari 120 operator ponsel seluruh dunia yang meluncur
kanlayanan TV bergerak, dimana lebih dari 90 persen mempergunakan jaringan seluler dua
arah yang ada. Dari jaringan seluler ini ada lebih dari 2,5 miliar pengguna dengan teknologi
unicast dan broadcast MBMS (multimedia broadcast multicast service).
B. Pengertian
Pengertian Multimedia Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasidan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi
([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Pada
awalnya multimedia hanyamencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gamba diam,
teks, gambar gerak video, dan gambar gerakrekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran
(suara). Dalamper kembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang
merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat
duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sensrialistis.
Jenis-Jenis Multimedia:
1. TV
2. Radio
3. Film
4. Cetak
5. Musik
6. Game
7. Entertaiment
8. Tutorial
9. ICT (Internet)
C. Perkembangan Multimedia
Perkembangan MultimediaMedia yang Semakin Bersifat Interaktif Berkat perkembangan
teknologi Internet, media lama seperti televisi juga bisa berubah sifat atau karakternya. Jika
sebelumnya penonton televisi hanya dapat bersikap pasif, dalam arti hanya bisa "pasrah" memilih
dari sekian channel yang tersedia, kini mereka bisa bersikap jauh lebih aktif. Secara teknologi kini
sudah dimungkinkan munculnya IPTV (Internet protocol televisions) atau televisi Internet, yang
teknologinya sudah dipamerkan di International Telecom Union World di Hong Kong, akhir tahun
2006. IPTV bisa berwujud siaran televisi biasa atau bank acara dan film yang dapat diakses penonton,
mirippay TV di hotel-hotel berbintang. IPTV memiliki banyak keunggulan ketimbang televisi siaran
konvensional, karena sipenonton bisa sesukahati memutar ulangs iaran yang terlewatkan. Selain itu,
IP TV juga bisa membuat siaran menjadi interaktif. Kendali IPTV pun ada ditangan penonton.
Komentar terhadap sebuah siaran bisa langsung dikirim kestasiun televisi bersangkutan. Bahkan
sipenonton bisa berbagi komentar dengan para penonton lain, karena setiap IPTV memiliki nama
(account) tersendiri. Sambil menonton siaran, mereka bisa saling berkomentar melalui pesan pendek
yang muncul dilayar televisi. IPTV bisa lebih personal, interaktif, HDTV (high definition television,
atau memiliki ketajaman gambar yang sangat tinggi), dan mengintegrasikan layanan komunikasi dan
video. Selain membuka peluang distribusi dua arah dan multiple-stream, IPTV menjadi awal layanan
triple play, atau satu saluran untuk tiga macam layanan (telepon suara, hiburan/TV, dan internet).
D. Kesimpulan
- Dengan semakin banyaknya pengguna internet maka akan semakin banyak pula
- bisnis-bisnis baru yang ikut dalam kancah teknologi informasi.
- Beberapa contoh bisnis yang berkembang:
- Pusat-pusat penjualan yang berbasisi multimedia semakin banyak dan menjamur
- disetiap kota
- Bertambahnya Provioder Internet
- Bertambahnya jasa perbaikan hardware dan software
- Meningkatnya cabang-cabang jasa pengiriman barang (dampak penjualan barang
- Online)
- Dan masih banyak lagi
By : khazimmaziltutholiban@gmail.com
0 komentar:
Posting Komentar